Jumat, 08 Desember 2023

Pudak Khas Gresik

    

Pudak


Selain nasi krawu, kota Gresik terletak pada provinsi jawa timur memiliki berbagai macam makanan khas lainnya. Diantaranya adalah pudak, pudak merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung beras, santan dan gula jawa. kue ini biasanya dibungkus dengan daun pinang yang telah dibersihkan dan dijahit dengan benang pada pola tertentu. pangkal pelepah daun pinang itu sendiri harus disamak lebih dahulu untuk memisahkan kulit luar dan kulit dalam.  setelah daun pinang di bersihkan dan di potong-potong sesuai ukuran, dilipat, dan dijahit dengan huruf L tanpa sudut., sehingga sisi dari dasarnya tertutup dan membentuk ruang, seperti: gelas atau contong. setelah adonan di tuangkan di dalam contong, ujung kemasan yang terbuka di kuncupkan dan di ikat dilanjutkan dengan cara di kukus. 
 


Daun Pinang



    Pudak memiliki rasa yang yang manis dan gurih, serta tekstur yang kenyal dan lembut, camilan pudak sering disajikan sebagai hidangan penutup. pudak juga sering digunakan pada acara khusus, seperi: lebaran dan pernikahan. 

Adapun cara membuat pudak pandan yang harus diperhatikan:

Bahan-Bahan
1. 250 gram tepung beras 
2. 250 ml santan kental
3. 200 gram gula jawa
4. 10 lembar daun pandan 
5. garam secukupnya

Cara Membuat
1. Campurkan tepung beras, santan, gula jawa, daun pandan, dan garam di masukkan ke dalam panci.
2. Masak adonan pudak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga adonan mengental dan melentup-letup.
3. Tuang adonan pudak ke dalam cetakan yang sudah dilapisi daun pinang.
4. kukus pudak selama 20 menit hingga matang.
5. angkat pudak dan biarkan dingin.
6. pudak pandan siap disajikan. 





0 komentar:

Posting Komentar

surabi Khas Bandung

      Surabi   Surabi adalah Salah satu jajanan pasar tradisional yang terbuat dari bahan tepung beras, santan, telur, dan gula merah. Surab...